Indonesia Berhasil Masuk Final Setelah Kalahkan Vietnam 2-1

Rajacorner.com –Indonesia memiliki modal positif ketika berlaga pada Leg Pertama Semifinal Piala AFF 2016 melawan Vietnam. Tampil di hadapan publik sendiri, Skuad Garuda memang tak selamanya menekan. Namun Boaz Solossa dan kawan-kawan terus memberikan perlawanan sehingga mampu menang 2-1 sampai pertandingan berakhir. Kemenangan ini membuat Indonesia hanya memerlukan hasil imbang pada leg kedua di Hanoi 7 Desember 2016.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Memasuki empat menit babak pertama, Vietnam terlihat mengontrol pertandingan. Melalui umpan-umpan pendek mereka berusaha unuk memancing pemain Indonesia keluar daerah pertahanannya. Indonesia memiliki kesempatan untuk mencetak angka melalui Boaz Solossa. Namun sayang solo run yang ia lakukan hanya membuahkan tendangan pojok.

Berasal dari skema tendangan pojok tersebut, Hansamu Yama Pranata berhasil mencetak gol pada menit ketujuh. Tandukkan kerasnya tak mampu dibendung penjaga gawang Vietnam. Gol tersebut membuat Indonesia untuk sementara unggul dari Vietnam. Menit 16 Vietnam mendapat hadiah kotak penalti. Benny Wahyudi dinilai melanggar pemain Vietnam. Nguyen Van Quyet yang dipercaya untuk melakukan tendangan penalti berhasil membobol gawang Kurnia Mega.

Memasuki menit 20 kedua tim mulai bermaind engan keras. Baik Indonesia dan Vietnam menunjukkan tekel-tekel keras. Menit 24 Indonesia memiliki kesempatan untuk kembali unggul. Namun sayang peluang pasukan Indonesia kali ini kembali di gagalkan pemain bertahan Vietnam. Rizki Pora menorobos sisi kanan pertahanan Vietnam setelah mendapat umpang matang dari Andik Vermansyah. Sayang bola yang ia kontrol terlebih dahulu direbut penjaga gawang Vietnam. Lilipaly memiliki kesempatan untuk mencari gol keduanya di kompetisi Piala AFF. Namun sayang, tendangan bebasnya melebar tipis di samping gawang Vietnam.

Babak Kedua

Menit 49 Indonesia mendapat hadiah penalti dari wasit. Boaz Solossa yang dipercaya untuk mengeksekusi tendangan tersebut menununaikan tugasnya dengan baik. Gol Boaz buat Indonesia unggul 2-1. Usai gol yang diciptakan oleh Boaz, Indonesia terus memborbadir gawang Vietnam. Namun sayang kesemapatan tersebut tak membuahkan hasil.

Memasuki menit 60 Vietnam memiliki peluang besar untuk membobol gawang Indonesia. Nguyen Van Quyet melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti namun beruntung bagi Indonesia karena bola berhasil diblok pemain bertahan. Lerby Eliandry dimasukan pada menit 63 untuk menggantikan Ferdinan Sinaga. Belum genap semenit masuk, Lerby langsung membahayakan gawang Vietnam. Namun sayang sundulannya masih melenceng.

Tak lama berselang, Rizki Pora melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti. Beruntung bagi Vietnam tendangan Pora tepat ke pelukan penjaga gawang Vietnam. Van Quyet kembali mengancam gawang Indonesia. Memanfaatkan umpan manis dari sisi tengah, Van Quyet melepaskan sundulan. Beruntung bagi Indonesia, sundulan tersebut melebar dari gawang Indonesia.

Tran Dinh Dong berhasil lepas dari jebakan offside pada menit 74 dan membuatnya langsung berhadapan dengan Kurnia Mega. Beruntung Kurnia Mega berhasil mengamankan bola terlebih dahulu. Trung berdiri bebas ketika mendapat umpan dari sisi kiri Indonesia. Tendangan Trung berhasil ditepis dengan dramatis oleh Kurnia Mega dan membuat gawang Indonesia aman.

Sampai pertandingan berakhir kedua tim tak mampu mencetak gol. Hasil tersebut membuat Indonesia memiliki modal bagus saat berkunjung ke kandang Vietnam pada 7 Desember 2016.